Share

Subdit IV Ditreskrimum berhasil menangkap pelaku TP penipuan

BIDHUMAS PMJ – Polda Metro Jaya, Kamis (17/11/2016)

Pada hari Senin tanggal, 14 November 2016 Unit 1 Jatanras pimpinan AKP HENDRO SUKMONO, S.H.,S.I.K.,M.I.K. dan AKP NIKO PURBA, SH, SIK telah melakukan penangkapan terhadap pelaku dugaan tindak pidana penipuan sebagaimana di maksud dengan pasal 378 KUHP di TKP Parkiran P1 Hotel Aston Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kronologis kejadian sekira bulan Mei 2016 pelapor selaku korban berkenalan via telepon dengan terlapor yang mengaku WNI atas nama LENI AGUSTINA WALES yang domisili di Amerika yang meminta bantuan mengeluarkan uang deposito miliknya senilai $ 8,7 juta USD yang mana uang tersebut akan dikirim melalui FAST AMERICAN EXPRESS SERVICE. Setelah uang tersebut dikirim pada bulan Juli 2016 korban disuruh berhubungan dihubungi oleh orang yang mengaku FEBY sebagai konsulat Amerika yang menginformasikan bahwa uang kiriman tersebut sudah diterima di konsulat.

Lalu korban disuruh menstransfer uang untuk administrasi senilai 44 juta untuk administrasi. Kemudian korban disuruh menemui pelaku NSY, Laki-laki, Doula, 5 November 1971, Islam, swasta, Jalan Bunga Rampai II No. 18 Malaka Raya, Jakarta Timur, di hotel Grand Mercury Kemayoran untuk melihat uang yang sudah dikirim didalam koper dan korban melihat uang dollar tersebut yang terdapat lambang PBB, lalu korban disuruh mengambil uang dollar tersebut senilai $ 100 USD sebanyak 5 lembar yang terdapat lambang UN / PBB kemudian pelaku mencontohkan uang tersebut di tuangkan cairan dan lambang tersebut terhapus dan uang tersebut lalu ditukarkan.

Lalu korban diminta uang senilai 175 juta untuk membeli cairan chemical guna menghapus lambang PBB yang ada di uang dollar tersebut. Selanjutnya agar uang dollar tersebut diambil maka korban di minta uang Senilai 500 juta tunai. Pada Minggu, 13 November 2016 pukul 20.30 WIB, korban menemui NSY di parkiran P1 Hotel Aston Pluit, korban dan pelaku melakukan penukaran uang dollar tersebut dengan uang senilai 500 juta yang telah di bawa korban didalam mobil XENIA B 1**4 SWK. Setelah transaksi di lakukan pelaku langsung meninggalkan lokasi. Setelah itu korban membuka uang dollar dalam koper hitam tersebut ternyata uang dollar tersebut semuanya palsu, karena merasa dirugikan korban melaporkan ke PMJ.

Pada Senin 14 November 2016 sekira pukul 02.00 WIB, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya beserta membawa sebuah koper yang berisi $ 8,7 juta USD palsu, selanjutnya tim Opsnal Unit 1 Pokdik 1 di bawah pimpinan AKP Niko Purba, S.H.,S.I.K., yang melaksanakan piket langsung melakukan interogasi terhadap korban dilanjutkan langsung mendatangi TKP di hotel Aston Pluit dan melakukan olah TKP. Dari hasil olah TKP tim opsnal unit 1 langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. Pada pukul 16.30 WIB, pelaku NSY berhasil di tangkap di rumahnya Jalan Bunga Rampai II No. 18 Malaka Raya, Jakarta Timur beserta BB dan langsung di bawa ke PMJ untuk proses lebih lanjut.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain,
– Uang hasil kejahatan senilai Rp. 500.000.000 juta.
– Tas Koper yang berisi Uang Palsu Pecahan $ 100 USD senilai $ 8,7 juta USD
– 3 buah HP merk Samsung
– 1 buah HP merk Iphone 5
– 4 buah HP merk Nokia
– 1 buah HP merk Sony
– 4 buah kartu perdana Simpati
– 1 buah SIM A
– 2 buah Kartu Imigrasi
– 1 lembar fotocopy KK
– 2 buah Kemeja Batik
– 1 buah baju
– 1 buah celana panjang hitam
– 1 buah jaket Jeans
– 1 unit mobil Xenia warna hitam BM 1**4 SWK

Leave a Comment